TEKNIK MEMASARKAN BUKU


TEKNIK MEMASARKAN BUKU
       (Kamis, 23/04/2020)
Narasumber : Agus Subardana

Direktur of marketing Andi Publisher
Lahir di Jogjakarta, 11 September 1973
Hoby membaca dan marketing
HP 081 293 6680
Pendidikan:
 - S1 manajemen universitas Mercu buana Jogja 1998
 - S2 magister manajemen marketing fakultas Ekonomi universita Jatinegara Jakarta 2012
 Pekerjaan:
 1. sekretaris umum pusat pelayanan usaha kecil menengah di 1997 -1999
 2. supervisor medical representative PT metiska Farma Jakarta 1999 - 2003
 3. area manager marketing PT  Dobeli Jakarta 2003 - 2005
 4. manager marketing penerbit Andi offset Yogyakarta 2005-2012
 5. direktur marketing penerbit Andi offset Yogyakarta 2013 sampai sekarang
 6  dosen kelas malam  (18.00-22.00 WIB) STIE Wiyatamandala 2014-2018
                -  kelas understanding business    
                - brand management    
                - integrated communication marketing (IMC)
Strategi Pemasaran Buku
Buku sumber ilmu, sarana bagi proses pembelajaran, dan penyampaian informasi.
Untuk generasi muda yang cerdas dengan minat baca tinggi pemerintah mendorong kegiatan membaca dengan tindakan nyata yakni membangun budaya baca sejak dini
Hal itu mendorong munculnya dan berkembangnya industri penerbitan buku tentu saja dengan alasan keuntungan atau profit margin yang relatif besar

Saat ini ada 711 penerbit aktif dibawah naungan Ikatan Penerbit Indonesia atau IKAPI
Agar dapat eksis dalam penjualan buku yang maksimal para penerbit memiliki strategi pemasaran khusus.  Strategi pemasaran mempengaruhi banyak aspek tergantung jenis buku yang diterbitkan salah satu contohnya penerbit Andi offset

Penerbit Andi menerbitkan 32 kategori produk buku di antaranya buku anak, buku bisnis, pertanian fiksi- novel, buku pengembangan diri, buku teks pelajaran ,dan lain-lain

Strategi pemasaran buku umumnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu:
1. Faktor mikro, antarlain perantara termasuk pesaing dan masalah
2 Faktor makro antaralain demokrasi, ekonomi, politik, hukum, teknologi, fisika, dan sosial budaya

Penerbit Andi dengan usia 40 tahun telah menerbitkan lebih dari 10.000 judul buku strategi pemasarannya Yakni :
1. strategi pemasaran buku serangan udara

A. lewat online yakni di dunia maya yang sedang gencar-gencarnya dipasarkan sekarang dipakai oleh setiap orang yang sudah mengerti teknologi internet berpromosi lewat online melalui website dan media sosial
Untuk bisnis penjualan buku lewat website kita rencanakan promosi di sana berisi produk, harga, promosi, layanan alamat, testimoni dsb. yakni via WA, SMS, e-mail dll dengan cara:
-  menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
  - mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen untuk menjaga kesetiaannya
  - menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar lesu
  - menaikkan penjualan dan profit
  - membandingkan keunggulan produk dengan pesaing
  - membentuk citra produk Di mata konsumen
  - mengubah tingkah laku persepsi dan pendapat konsumen
B. Lewat Komunitas
untuk ini kita membangun komunitas sesuai kapasitas kita dalam membangun relasi dengan menggunakan jaringan komunitas untuk sarana promosi dan penjualan.
di sana penjualan akan lebih efektif dan efisien hingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi kuncinya kita harus pro aktif berkomunikasi dan berinteraksi dengan komunitas dan menjaga integritas pribadi
2.  Strategi pemasaran buku serangan darat
pertama kita melakukan pemetaan wilayah dan membuka cabang di tiap kota besar yang berpotensi baik
Penerbit Andi memiliki 43 cabang di kota dari Aceh sampai Papua dengan menempatkan tenaga pemasaran yang berkompeten strategi ini dikelompokkan berdasarkan target pasar

A. toko buku penerbit Andi mampu memproduksi sendiri, mempunyai mesin cetak sendiri, sebagian besar pemasok toko buku di Indonesia. Untuk itu kita perlu pemetaan jenis toko buku, ada tiga jenis toko buku :
- toko buku modern
- toko buku semi modern dan
- toko buku tradisional
 Toko buku modern yaitu Gramedia book store, Gunung Agung Bookstore, dan Togamas Bookstore. Masing-masing mempunyai sistem transaksi dengan perkembangan teknologi yang dikendalikan sistem sentralisasi.
Untuk toko semi modern biasanya dikendalikan dengan sistem administrasi penjualan per toko. Sedangkan toko tradisional masih memakai sistem transaksi manual.

Strategi promosi toko buku modern
1 menguasai display buku
2 promosi internal toko dengan memasang produk di neon box X banner
3 mengadakan bedah buku talkshow dan potongan harga
4 mengadakan event tematik sesuai moment umpama program Ramadan dll
B.  Directselling
pemetaan nya berdasarkan kategori buku yang kita terbitkan dibagi menjadi beberapa target pasar
  - buku pendidikan
  - buku teks perguruan tinggi
  - dan buku referensi
melalui pemetaan itulah sebagai industri penerbit buku kita melakukan terobosan dan penempatan tenaga sales. Tugas tenaga penjual atau sales sesuai area masing-masing:
Yakni kunjungan langsung ke sekolah, kampus, atau perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus dan perpustakaan daerah.
 
C. Melakukan event-event
yaitu aktif melakukan event-event seperti pameran seminar workshop try out dan sebagainya
Selesai pemaparan kita diberi waktu untuk tanya-jawab diantara banyak pertanyaan yang muncul ada beberapa penjelasan yang patut kita tuliskan di sini.
Website penerbit Andi yakni www.andipublisher.com di samping itu penerbit Andi juga bekerjasama dengan marketplace termasuk Tokopedia
Kesulitan dari pemasaran serangan darat karena butuh waktu tenaga dan follow up yang terus-menerus sehingga keberhasilan sangat ditentukan tenaga penjual yang dipercaya
Bagi penulis pemula kalau naskahnya dinyatakan diterima dan diterbitkan oleh penerbit berskala nasional seperti penerbit Andi tentunya akan dilakukan langsung dua strategi pemasaran tapi bila penulis tersebut menerbitkan sendiri tidak melalui penerbit maka dapat melakukan strategi pemasaran buku serangan udara di poin dua yakni komunitas dan media sosial secara mandiri

Di penerbit Andi penulis mendapatkan hak royalti 10% dari total nilai transaksi rata-rata royalti diberikan per 6 bulan atau per semester terhitung sejak buku didistribusi dan ditandatangani perjanjian kedua belah pihak yakni antara penulis dan penerbit. Selain itu penulis mendapatkan 3 eksemplar dari bukunya dan diperbolehkan mempromosikan bukunya. Kalau penulisnya beli bukunya biasanya mendapat potongan 30% dari harga sebenarnya

Info  bagi penulis untuk saat ini buku yang laku dijual yakni pertama
- tulislah bidang yang anda kuasai kedua
- lihat trend produk di Google dan
- saat ini buku yang laku masih buku untuk anak-anak dan novel remaja

Kemungkinan menjalin kolaborasi dengan pesaing seperti halnya penerbit Andi dengan penerbit bpfe UGM syarat dan ketentuannya tentu saja terus ada titik temu diantara keduanya penerapannya akan dilihat nilai dari aspek produknya potensi pasar dan daya serap pasar

khusus penerbitan Andi tentu buku yang dipasarkan sudah ada harga standar di barcode bak fiber buku sudah ada harga yang tercantum sehingga harga tidak bisa dirubah kecuali ada momen promosi di toko tersebut biasanya ada yang mendapat diskon tetapi harga aslinya tetap ditampilkan, adapun toko di luar pulau jawa maka ada harga zona sehingga harga Jawa dengan harga luar pulau pasti berbeda, yang membedakan adalah setiap penerbit yang dihitung dari oplah cetaknya semakin banyak oplah cetaknya semakin murah, semakin sedikit tentu saja semakin mahal

Serangan darat menghasilkan lebih banyak karena konsumen pasar buku masih lebih banyak daripada konsumen yang hanya melihat sampel produknya
kekurangan penjualan dengan serangan darat biaya operasional lebih besar waktu lebih banyak dalam follow up

kelebihan untuk serangan udara bisa menekan biaya info produk cepat sampai ke konsumen dan promosi cepat tersebar secara masif lewat media online sementara
kekurangannya konsumen di Indonesia belum terlalu percaya pada informasi produk online ada rasa takut barang tidak sesuai dengan peranannya dan konsumen masih dikenai ongkir

Strategi yang dapat dilakukan oleh penulis antara lain melakukan talk show, bedah buku secara periodik. kemudian sama-sama berusaha mempromosikan bukunya. Jika penulis membantu menjual kan bukunya maka pihak penerbit akan memberikan rabbat buat penulis

Strategi penjualan promosi sendiri yang terbaik adalah menggunakan komunitas gunakan jaringan komunitas sebagai sarana promosi penjualan buku kita penjualan ini akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilannya akan lebih tinggi kuncinya penulis harus proaktif komunikatif dan interaktif dengan komunitas
Penilaian penerbit terhadap naskah dari beberapa aspek
1.Aspek ideologis apakah tidak bertentangan dengan UUD 45 dan Pancasila atau topiknya
   meresahkan kondisi masyarakat seperti politik hankam cara sopan santun dan harga diri
2. Aspek keilmuan apakah topik yang dibahas baru apakah masyarakat sudah bersiap menerima
    apakah gagasannya asli atau jiplakan apakah terkait akurasi data tentu butuh sumber daftar pustaka
3. Aspek penyajian apakah sistematika kerangka pemikiran baik hingga alur logika pemaparan 
   mudah dipahami apakah bahasa yang digunakan komunikatif sesuai jenis naskah dan sasaran
   pembaca apakah cara penulisannya benar menggunakan ejaan dan tata bahasa yang baik apakah
   kelengkapan naskah secara fisik seperti kata pengantar daftar isi pendahuluan batang tubuh daftar
   gambar tabel lampiran indeks pustaka sinopsis lengkap kemudian pengetikan menggunakan media
   dan alat apa apakah tulis tangan di ketik manual komputer menggunakan software tertentu
   selanjutnya mutu gambar tabel dan objek lain yang dipasang apakah layak atau musti diperbaiki
   kemudian urusan perizinan penggunaan gambar tertentu izin terjemahan dan izin pengutipan
4. Selanjutnya aspek reputasi penulis apakah Penulis itu tokoh praktisi dosen atau masyarakat luas
    apakah buku yang pernah diterbitkan mempunyai catatan keilmuan dan baik di pasar jadi aspek
    yang paling menentukan adalah potensi pasar
 
Membangun Citra Produk
1. fokus pada pengisahan cerita bukan pada fitur produk tanpa cerita yang bagus produk tidak akan memiliki nilai intern atau emosional bagi pelanggan manusia lebih cepat memberi respon dari cerita bila suatu merek memberi kesan yang mendalam maka akan berdampak langsung pada perilaku belanja konsumen
2 beri nilai tambah produk agar makin disukai konsumen ketika membentuk citra merek sebaiknya konten yang dibuat fokus pada hal yang membangun hubungan dan membantu konsumen membuat keputusan yang tepat dan matang dengan begitu mereka memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan
3 pelayanan terhadap pelanggan yang baik secara sosial berdampak positif bagi Citra perusahaan

Format buku terbitan Andi
- format besar yakni 20 * 28 cm 21,5 * 15,5 cm
- format standar 16 * 23 cm dan 11,5 * 17,5 cm
- format kecil 14 * 21 cm dan 10 * 16 cm
- buku saku 10 * 18 cm dan 13,5 * 7,5 cm
Jika penulis tidak memperhatikan format ini maka saat dilakukan pengaturan layout dan setting beberapa bagian buku menjadi tidak sesuai dengan maksud penulis ketidak sesuaian tersebut contohnya proporsi gambar yang tidak benar pemotongan kata yang tidak tepat terutama pada listing program dan buku program dan ketebalan buku yang tidak proporsional

Sungai Rumbai, 24/04/2020
 ROSKAMIDAR,S.Pd

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer